Alat Pelindung Diri

Standar Baju APD Reusable WHO

Saat ini kita sedang berada di masa pandemi, yang mana kita saling menjaga diri satu sama lain baik dengan penerapan gaya hidup sehat serta vaksinasi. Salah satu upaya dalam penanggulangan Covid-19 yang dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020 lalu adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) atau Protective Personal Equipment (PPE) atau lebih dikenal dengan nama baju Hazmat.

Jangan Keliru dalam Memilih APD, Ketahui Standarnya!

Hazmat merupakan singkatan dari hazardous materials yang berarti material berbahaya. Maksudnya, hazmat sebagai baju pelindung terhadap material yang berbahaya.

Baju pelindung Hazmat, memang sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai salah satu perlengkapan APD selain pelindung untuk membran mukosa (kacamata dan pelindung muka), APD pada umumnya digunakan oleh tenaga kesehatan (teknisi maupun paramedis), pemadam kebakaran, peneliti, petugas maupun pekerja lingkungan daerah yang mempunyaii risiko kontaminasi dari material berbahaya.

Kategori APD
APD sendiri memiliki dua kategori, di antaranya:
a. APD reusable yang menggunakan material serat polimer plastik woven fabric dengan serat yang berukuran besar. APD reusable mampu menahan fluida berukuran besar. Woven fabric diproduksi menggunakan proses anyaman atau tenunan tekstil.

b. APD disposable yang saat ini sedang gencar-gencarnya diproduksi menggunakan material spunbond polimer yang mana material ini merupakan serat polimer plastik nonwoven fabric dan tidak tertutup atau memiliki rongga. Lain halnya dengan APD reusable, APD disposable ini menggunakan material dengan serat berukuran kecil. Memiliki kemampuan menyaring serta menahan fluida.

Keunggulan bahan nonwovens yang saat ini sudah banyak digunakan adalah bahan hidrofobik karena terbuat dari polimer dengan sifat plastik yang memiliki pori.

APD untuk Menangani Covid-19

Secara umum Nakes harus menggunakan APD lengkap. Adapun APD untuk penangan Covid-19 sesuai anjuran WHO, di antaranya:

a. Gaun Sekali Pakai
Material untuk APD penanganan Covid-19 harus mempunyai ketahanan terhadap penetrasi cairan, hal ini tentunya berdasarkan standar EN 13795 mengenai tingkat kinerja tinggi untuk berbagai level.

b. Baju terusan sekali pakai (coverall)
Material dari baju terusan sekali pakai dipastikan tidak menyebabkan stres panas dan bahan breathable. Tak hanya itu, APD ini harus lolos uji resistensi terhadap penetrasi darah dan cairan tubuh terlebih dahulu, hal ini merujuk pada ISO 16603 paparan kelas 3 atau yang setara. Selain itu, coverall juga harus lulus uji penetrasi patogen yang ditularkan melalui darah, memenuhi atau melebihi tekanan paparan ISO 16604 kelas 2 atau yang setara.

c. Setelan baju operasi (surgical scrubs)

d. Celemek anti air

Nah, dalam pemilihan surgical gown atau gaun sekali pakai maupun hazmat coverall tentunya perlu merujuk pada ketentuan WHO. Kita tentunya menyadari saat ini sedang berada dalam situasi genting mengingat terus melonjaknya kasus harian Covid-19 penggunaan hazmat maupun surgical gown tentunya sangat diperlukan.
Jika sedang mencari APD yang sesuai dengan anjuran WHO, Cellindo Putra menyediakan surgical gown maupun hazamat coverall yang sudah terdaftar dengan izin produksi: FK.01.02/VI/645-E/2020. Dengan surgical gown yang sudah sesuai standar WHO, AAMI level 3 memiliki material yang breathable, mudah digunakan dengan penggunaan karet pada bagian tangan. Tak hanya itu, hazmat coverall Cellindo Putra pun sudah sesuai standar dilengkapi dengan extra shoes. Menariknya, kedua dari jenis APD ini bersifar reusable.

Kita bisa memesan secara online +62 812-2378-3958 ataupun offline yang beralamat di Jalan cisaat no 170 jelegong kutawaringin, kab.Bandung.

Cellindo Putra

Share
Published by
Cellindo Putra

Recent Posts

Kain Sherpa: Kenyamanan dan Kelembutan Terbaik untuk Jaket dan Selimut Anda

Mengenal Kain Sherpa: Inovasi dalam Kenyamanan dan Gaya Kain Sherpa telah lama dikenal sebagai bahan…

9 bulan ago

Jenis dan Tipe Busa Polyurethane Foam

Banyak berbagai jenis busa yang bisa kita gunakan untuk berbagai kelengkapan rumah tangga. Mungkin selama…

2 tahun ago

Tips Memilih Ranjang yang Tepat untuk Anak

Kasur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah. Pemilihan kasur juga begitu sangat perlu diperhatikan untuk…

2 tahun ago

Harga Partai Besar Busa Angin Rollan

Banyak macam tipe busa rol di PT Cellindo Putra Jaya dan pasti nya beragam pula…

2 tahun ago

BUSA LEMBARAN BERGARANSI TERBAIK DI BANDUNG

PT CELLINDO PUTRA Mempunyai produk busa terbaik dan juga bergaransi di antaranya BUSA LEMBARAN GRESS…

2 tahun ago

TOKO BUSA CABANG PT CELLINDO PUTRA JAYA

CELLINDO PUTRA CABANG SADANG RAHAYU cabang sadang ini beralamat di Jl. Sadang No.14, Rahayu, Kec.…

2 tahun ago